jump to navigation

Unforgettable Journey 2014 – Pulsar Riders South Borneo (Bag 2 – Berangkat) March 14, 2015

Posted by Red Bikerz in Uncategorized.
trackback

Unforgettable Journey 2014 – Pulsar Riders South Borneo (Bag 2 – Berangkat)

PRISON - UNFORGETABLE JOURNEY 3

DAY 4 – 3 Februari : Pontianak

Bangun pagi, cek mesin.. hmm suara mesin agak kasar, makin susah di starter, ok memang hari ini rencana mau service di Dealer Bajaj Pontianak.. jadi gapapa..

Sarapan nasi uduk, hmm.. murah Rp 8,000-an nasi uduk pakai telor enak banget.. setelah dijalan dapat makanan rata-rata harga 30rb-an, disini dapat harga Rp 8rb serasa murah sekale..

Setelah makan, pergi ke dealer Bajaj Pontianak.. hmm.. dealernya lumayan besar, Pulsar-nya banyak banget yang parkir, tapi stok baru dikit.. mungkin punya orang-orang yang service belum diambil, di belakang dealer ada tempat service khusus buat Vespa.. dan Dealer ini selain jualan Bajaj, juga jual Kawasaki.. jadi ada P200NS dan Ninja 250 disini.. setelah bikin list apa-apa aja yang harus dikerjain, bodycomm, ganti oli, service, ganti tuas pemindah gigi dan cek tegangan aki, kami jalan-jalan cari oleh-oleh..

cemilan khas pontianak, seperti manisan, minuman aloe verra, kopi tongkat ali dan lempok durian sudah di dapat, saya putuskan untuk mengirimkan saja kerumah lewat JNE, daripada repot-repot lagi bawa-nya di motor.. hhmm.. ternyata biaya pengirimannya mahal juga.. 1/3 dari harga oleh-olehnya.. capek deh.. padahal cuma satu pulau aja..

setelah cari oleh-oleh, kami ngopi-ngopi, kemudian pergi ke depan kantor Walikota Pontianak, ada siring di pinggir sungai.. santai disini sambil makan siang nasi padang dan menunggu kabar dari Beres Pontianak jika motor-motor sudah beres..

jam 16.00 beres Pontianak sms ke bro Andy kalau motor sudah beres, ok deh.. jalan lagi ke beres untuk ambil motor.. Alieno Blu sudah sehat kembali mesin semriwing, starter sudah enak kembali tapi wow.. lumayan juga habisnya,, total Rp 480,000, segera dicek di list nota item-itemnya, ternyata yang paling besar adalah ganti Aki Rp 230,000, ganti tuas gir 170,000, sisanya oli dan service.. hmmm.. pantes aja lumayan banyak, wong ganti aki.. ya sudahlah gapapa.. lagian Aki juga udah 3 tahun nggak pernah ganti, dan kebetulan Aki-nya pulsar agak susah carinya di Banjarmasin.. bungkus..!

Sore langsung jalan ke monumen Khatulistiwa Pontianak, menurut bro Andy.. ke Pontianak kurang lengkap tanpa silver queen eh salah tanpa monumen Khatulistiwa.. karena Pontianak adalah salah satu kota yang dilewati oleh garis Khatulistiwa di bumi Borneo ini.. Karena sore, jadi jalan ke monumen ini sangat macet.. soalnya barengan sama orang pulang kerja.. apalagi memasuki Jembatan..macetnya minta ampun.. sesampai-nya di monumen, langsung poto-poto.. motor-motor, orangnya beserta banner touring “unforgettable journey to the west PRISON” huehehe.. judulnya kaya kera sakti ya.. ckckk..

Habis magrib, lanjut untuk ke mess.. tapi kami mampir ngemall dulu, ke Ace Hardware.. coz Pakdhe mau beli pengikat box, keracunan pak Aziz..

malam pulang, dan tengah malam waktu tidur sayup sayup saya dengar rombongan Cobra dan Phiton sudah tiba juga di mess, mereka dari Malaysia.. ok deh, lanjut tidur lagi, besok aja di lanjutin lagi, lagian kayanya mereka udah capek banget..

DAY 5 – 4 Februari : Pontianak – Singkawang – Jagoi Babang

Bangun pagi, langsung becanda-becanda sama ketua Phiton bro Yan Marten dan bro Aldi dari Cobra, kami sering ketemu kalau ada acara-acara Pulsar.. jadi sudah lumayan kenal.. Cobra dan Phiton cerita-cerita tentang perjalanan mereka ke Malaysia via Entikong.. ternyata hanya motor diatas 250cc yang boleh masuk, dibawah itu ditinggal di perbatasan dan masuk menggunakan bus.. hhhmmm… kami langsung memutuskan untuk rapat internal untuk memutuskan apakah lewat Entikong, atau lewat jalur lain..

Beruntung datang anggota Prides yang kebetulan kerja di perbatasan Jagoi Babang, bernama Bro Deddy Mulyana atau sebutannya di Prides.. Srigalau.. Bro Deddy menyarankan masuk lewat Jagoi Babang, karena ada kemungkinan motor bisa masuk sampai ke wilayah Malaysia.. nanti dia yang bantu masalah perijinannya.. karena yang bawa passport cuma saya, yang lainnya gak ada passport.. jadi semoga bisa dengan surat ijin kantor Imigrasi saja masuk ke Malaysia..

Keputusan telah dibuat, kami akan masuk ke Malaysia lewat jalur Jagoi Babang sesuai dengan saran dari Bro Deddy Srigalau Prides.. berangkat siang ini, lewat jalur Singkawang, agak memutar memang, tapi waktu kami panjang,, jadi sekalian aja jalan-jalan..🙂 akan dikawal oleh bro Lukman dari Power..

PRISON - UNFORGETABLE JOURNEY 5

Ok setelah pamitan dengan teman-teman Cobra, Phiton dan Power Pontianak.. kami langsung tancap gas menuju Jagoi Babang, melewati Singkawang..

Awalnya jalur pontianak ke arah luar kota, padat.. tapi makin keluar kota, makin sepi.. jalur-nya menyusuri tepi pantai.. banyak kelihatan pohon-pohon kelapa, semilir angin laut sepoi-sepoi.. hmmm.. mirip dengan jalur situbondo-banyuwangi nih..

makin jauh, makin terlihat rumah-rumah yang dihiasi lampion merah.. tanda rumah tersebut dihuni oleh etnis Tionghoa, mereka lagi merayakan Imlek.. hmmm.. jarang-jarang nih melihat lampion lampion dan kelenteng-kelenteng..

tiba-tiba, saya kehilangan pak Aries lagi di belakang.. ok, saya keasyikan melihat pemandangan.. sampai lupa melihat ke camerad saya rupanya.. ok saya tunggu, kok nggak muncul-muncul? akhirnya saya balik ke belakang.. sekitar 10 menit kemudian, ketemu dengan pak Aries dan pak Azis.. ada trouble.. motor pak Azis mati.. ok kita bawa ke bengkel terdekat.. dicek.. di diagnosa, koil mati.. untungnya pak Aries bawa cadangan koil p220, Alhamdulillah bisa dipakai di p180.. lanjut lagi..

tapi sekitar 30 meter kemudian motor pak Azis mati kembali.. waduh, pikiran saya pasti CDI nih yang trouble.. bakalan lama nih benerinnya.. pucatlah muka saya dan pak aries.. segera kami hampiri pak azis yang sudah turun dari motor dan akan membuka tangki motor.. dan kemudian kami heran.. kok pak azis ketawa? oalah.. ternyata mogok bukan gara-gara CDI, tapi gara-gara tuas bensin masih di posisi OFF..!! wajar aja mesin mati, wong bensin nggak mengalir.. fiuhhh… onok onok ae..

Jalan lagi, sekitar 30 menit ketemu sama rombongan, mereka lagi menikmati es kelapa di pinggir pantai menikmati indahnya suasana pantai semilir angin sepoi-sepoi dan pemandangan pulau Penibung.. ohhh enaknyaa.. ikutan berhenti juga, dan beli kopi instan.. kopiko 78 degree.. kopi paling enak sedunia..

Ok lanjut… akhirnya sekitar jam 15.00 kami tiba di kota para Amoi, yaitu Singkawang.. hhhmm… seperti kota-kota kecil pada umumnya, yang membedakan adalah.. banyak keturunan Tionghoa disini.. jadi di jalan-jalan banyak dihiasi lampion tahun baru Imlek.. kereen.. kaya berada di Hongkong..

di Singkawang, sudah di tunggu brother-brother dari Power Singkawang, bro Muchdar, bro Nemo dan bro Nanang.. mereka akan mengantarkan sampai Jagoi Babang menggantikan bro Lukman..

Kami kelamaan istirahat di Singkawang, akhirnya berangkat lagi hari sudah gelap..

di depan ada bro Muhdar dan bro Deddy yang menunjukkan jalan, lanjut.. jalan menuju Jagoi Babang lumayan kecil, seperti jalan desa, lebarnya sekitar 3 meter saja,, sepertinya ini bukan jalan provinsi.. mungkin jalan ke Entikong lebih lebar..

PRISON - UNFORGETABLE JOURNEY 6

Makin malam, jalanan makin menanjak.. sepertinya kami mulai naik ke daerah dataran tinggi pegunungan.. hawa makin dingin, biasanya jarang jaket touring kami tembus dingin, kecuali sekarang.. makin malam, jalan makin berkelok-kelok ekstrim, selalu menanjak, jarang ada yang turun.. ahh.. menyesal rasanya kenapa tadi manajemen waktu di Singkawang agak kacau, akibatnya kami harus riding malam dan jalur ekstrim begini.. cuaca makin dingin, dan mata mulai mengantuk.. sementara jalanan berkelok kelok tidak ada habisnya, ada beberapa kali tikungan model hairpin, sempat beberapa kali keluar jalur.. karena ngantuk.. waduhh bahaya… Cree selalu nyala membantu penerangan dari lampu utama, heran.. baru kali ini kepala pusing dan mual-mual naik motor gara-gara kebanyakan tikungan,..

Akhirnya kami berhenti sejenak, jam menunjukkan jam 23.00 malam, pantesan ngantuk banget.. beli kopi 78 dulu di warung yang hampir tutup, beli 3 botol.. biar nggak ngantuk, olesin fresh care di kepala biar pusing hilang, dan pakai rompi di atas jaket.. biar lebih hangat, dan udara dingin nggak tembus.. ok, lanjut jalan lagi..

Sekitar 1 jam kemudian kami berhenti di Senggau Lado, di Pasar.. banyak orang nongkrong disini.. kami istirahat sebentar untuk minum teh panas.. oh enaknya.. kebetulan banget, mata udah ngantuk banget.. pusing juga belum hilang.. untungnya bro Nanang dari Power Singkawang, tiba-tiba berinisiatif memijit kepala kami satu persatu, waduh pijitannya powerfull banget, awalnya dipijit bahu.. serasa di surga.. kemudian dipijit di kepala, waduh.. pjitannya powerfull, saking powerfullnya.. mata serasa mau copot! sakit banget bo! ngantuk pasti hilang kalau di pijit kepalanya sama bro nanang🙂 *Belakangan di ketahui bro nanang ini aktif fitness.. bisep trisepnya jadi semua.. ckcck pantes..

Akhrinya jam 01.00 malam, sampai juga di Jagoi Babang.. horray.. langsung masuk ke rumah bro Deddy untuk istirahat, makan malam disini.. enak banget makan yang hangat-hangat begini di dinginnya udara malam.. akhirnya jam 02.00 malam kami istirahat untuk tidur.. *belakangan diketahui dari update status FB-nya bro Muhdory, kalau kami semua tidurnya ngorok! jadi bro Muhdory nggak bisa tidur.. wakakaka
DAY 6 – 5 Februari : Jagoi Babang – Serikin – Pontianak

Pagi-pagi sudah bangun.. this is it! our big day, pagi-pagi kami mengumpulkan KTP untuk di buat laporan oleh bro Deddy.. Laporan ini bersifat permohonan kepada pihak Malaysia, boleh apa nggak.. kami masuk ke Malaysia.. jadi ada kemungkinan proposal ini ditolak dan kami pulang tanpa hasil apa apa..

Untungnya, proposal diterima.. dan kami boleh masuk ke Malaysia.. horraaaay!!

box ditinggal, jadi cuma motor aja sama ridernya.. ok lanjut jalaan..

Pertama-tama kami sowan dulu ke kantor imigrasi Jagoi babang, hmm.. di ujung Indonesia nih, masih hutan-hutan dan banyak perkebunan sawit.. nggak jelas ini kebun sawit milik orang Indonesia atau orang Malaysia, tapi denger2 kabar banyak orang Malaysia yang punya kebun sawit disini.. kemudian setelah ke kantor Imigrasi, kami berhenti lagi di pos TNI perbatasan.. hmmm.. agak-agak serem juga, soalnya suasananya seperti ada yang mengawasi kami dari arah hutan-hutan, sniper TNI lagi on duty.. Ok urusan di pos TNI selesai, sekarang kami masuk perbatasan..

PRISON - UNFORGETABLE JOURNEY 9

Hmmm.. ternyata perbatasan Indonesia dan Malaysia, nggak terlalu gimana gitu.. cuma plang Indonesia-Malaysia, dan ada batu tulisan 0 km.. oh iya, ada warung-warung penduduk disini, mereka terima dua mata uang.. Rupiah dan Ringgit.. kamipun poto-poto di perbatasan, kapan lagi nih.. hehehe.. Kami berhasil membawa bendera Klub Prison ke Malaysia, selamat pak Ketum Aries Fauzan, you did a great job sir..

PRISON - UNFORGETABLE JOURNEY 12

Kemudian kami berhenti di Pos perbatasan tentara Diraja Malaysia, wah tentaranya nggak serem kaya tentara Indonesia, biarpun ada sniper juga.. tapi disini tentaranya agak chubby hehehe.. makanya kami berani deh minta poto-poto sama mereka.. dan mereka ramah banget, pesan mereka.. jangan bikin masalah ya.. di Malaysia, nanti kami yang susah dimarahin sama atasan kami, mantab dah pakcikk…

PRISON - UNFORGETABLE JOURNEY 13

dan akhirnya kami sampai ke Malaysia, lewat jalan tidak diaspal, melewati dalam kebun sawit.. sekitar 10 menit kemudian baru ada rumah-rumah.. hmm.. bagaikan pasukan siluman yang memasuki kawasan Malaysia, huehehe disini suasananya udah agak beda, mobil-mobil Proton mulai banyak keliatan.. plat nomer beda, kartu SIM nggak kebaca, hehehe..

PRISON - UNFORGETABLE JOURNEY 10

5 menit kemudian, kami masuk ke daerah pasar Serikin Malaysia, sayang pasarnya lagi tutup.. sepertinya ini pasar yang hari-hari tertentu saja buka-nya.. padahal kalau buka, maunya nongkrong-nongkrong dulu di kedai kopi disini.. kami mutar-mutar kota Serikin, kemudian ada semacam kantor Imigrasi Malaysia.. yapppp.. inilah batasnya, kami nggak boleh lanjut lagi lebih jauh.. soalnya nggak ada passpor.. ya udah deh, disini juga ok kok hehehe..

PRISON - UNFORGETABLE JOURNEY 8

Kalau sebelumnya di Indonesia, jalan tu berkelok kelok sampai pusing dan jalannya kecil, pas masuk ke Malaysia.. wuuussss.. jalannya lurus aja, lebar dan bersih lagi.. wkwkwk.. ya sudahlah, rumput tetangga memang selalu lebih hijau ya.. tetap Indonesia tanah air beta..

Setelah puas, muter-muter.. kami pun balik lagi ke Jagoi Babang, sebelumnya poto poto dulu sama TNI Penjaga perbatasan, yang sekarang ramah banget.. hehehe.. mantab pak!

PRISON - UNFORGETABLE JOURNEY 14

trus lanjut deh ke rumahnya bro Deddy.. makan siang, kemudian pamit pulang, diantar oleh bro Muhdory..

Perjalanan pulang, karena startnya agak sore.. maka, perjalanan kali ini sungguh sangat meletihkan.. persis kaya lagunya ebiet.. kami lewat jalan-jalan kecil, melewati gunung, lembah, perkampungan suku Dayak,lewat gunung lagi, sungai.. kota-kota terpencil di Kalbar.. malam semakin larut, jalanan semakin gelap dan gerimis.. cuma GPS yang menuntun kami di perjalanan, kecepatan sedang max 65 km, karena kami benar-benar buta daerah sini.. kadang berhenti untuk melihat GPS, suasana agak tegang, karena kadang-kadang di tengah hutan, kami berpapasan dengan ibu-ibu dari suku Dayak yang membawa keranjang di kepala mereka, pemandangan yang jarang ditemukan di Banjarmasin..

Di tengah hutan, kami sempat berhenti.. karena kami melihat asap pekat di depan.. sangat sangat pekat, karena kebakaran hutan.. kami tidak tau, asap tersebut seberapa panjang, mungkin kalau kami terobos asap tersebut, dan ternyata asap tersebut sampai 15 menit panjangnya.. kami bakalan kehabisan nafas.. bingung deh..

akhirnya diputuskan untuk nekat, kami terobos aja.. bismillah..

asap sangat pekat, saya cuma bisa melihat sekitar 2 meter di depan, lampu pulsar bro Jeck.. itu aja.. selebihnya cuma asap putih.. bahkan makin jauh makin nggak keliatan apa-apa, makin susah nafas.. dan puncaknya ketika asap tersebut makin panas hawanya, astagaa… ternyata api berada di samping kami!!! gawaattt… saya udah tahan nafas berapa menit iniii.. mata periiihhh.. seperti di neraka aja…. kami langsung ngebut banget, rombongan sudah kacau.. masing-masing memacu motor.. mungkin semua kehabisan nafassss… alhamdulillah, cuma sebentar.. akhirnya keluar dari asap.. fiuughhhhhh.. bisa nafas lega kembalii… hilang ngantuknya.

AKhirnya sekitar jam 3 subuh, kami masuk Pontianak.. keadaan saya, sudah tertinggal jauh di belakang.. biasa, ngantuk beraat.. jadi jalan pelan pelan.. akhirnya ketemu bro Andy dan teman teman Power yang menunggu kami di jembatan masuk Pontianak.. alhamdulillah, Power Pontianak ini orang-orangnya baik hati.. semoga Allah membalas kebaikan mereka semua Amiin..

Langsung digiring ke rumah bro Andy, disuguhi makan nasi goreng yang sangat sangat nikmat.. karena kelaparan, ludess dalam sekejap, akhirnya tidur karena kekenyangan.. hehehe…

Comments»

No comments yet — be the first.