jump to navigation

Membuat rem tromol menjadi lebih pakem.. August 22, 2013

Posted by Red Bikerz in Bikes tips.
Tags: , , , , , ,
trackback

Pulsar 180 UG4 saya yang bernama Alieno Blu, punya penyakit bawaan.. saya kurang tau apakah masalah ini merupakan kesalahan desain dari Bajaj atau gimana soalnya teman-teman di Prison (Pulsar Rides South Borneo) juga banyak memiliki masalah yang sama, rem tromol belakang kurang pakem.. setiap rem belakang di tekan, motor cuma melambat sedikit.. tapi tetap ngeloyor..

Awalnya saya pikir masalah kampas rem belakang yang sudah habis, ok coba dibongkar tapi ternyata kampas masih tebal karena jarang dipakai, saya coba untuk tetap kampas ganti yang ori.. hasilnya direm tetap ngeloyor (waktu masih pakai velg ori Pulsar).

Percobaan kedua, sewaktu ganti velg ruji.. tromol ganti pakai punya Yamaha Scorpio, jadi kampas rem ganti pakai punya Pio asli.. hasilnya tetap ngeloyor kalau di rem..

Percobaan ketiga, kampas rem di gerinda melintang, dan tromol dikasih air aki biar bersih.. tetap aja hasilnya sama.. fiuhh..

Sebenarnya ada pikiran ingin ganti pakai cakram, tapi ternyata harganya mahal.. bahannya saja untuk merk PSM yang kualitas lumayan, harganya Rp 600.000 belum ongkos bubut dan lain lain, total bisa habis satu jutaan..๐Ÿ˜ฆ

Akhirnya saya coba pakai prinsip kerja obeng, makin panjang tuas maka makin kuat cengkeraman.. ya sudah nggak ada salahnya dicoba, beli tuas rem punya Suzuki Thunder (Rp 15 ribuan).. lalu dipotong untuk disambung las listrik pelat besi sekitar 5cm, jadi lebih panjang (ada di gambar). Lubang di bagian bawah karena sempit dibor agar lebih lebar, ongkos las cuma Rp 10.000,-

image

image

Hhmm.. guess what? It perfectly works!!

Rem belakang jadi empuk, di tekan agak keras roda belakang sudah bisa ngunci, naik motor sekarang jadi lebih pede dengan rem belakang pakem gini.. hehehe..

image

Alhamdulillah, akhirnya masalah lama sudah teratasi..๐Ÿ™‚ jadi intinya kalau rem tromol belakang Pulsar anda kurang pakem.. nggak ada salahnya mencoba dengan cara memanjangkan tuas belakang..

Semoga berguna ya..

Regards,

Comments»

1. si Denog - August 23, 2013

apa ga jadi gampang sliding roda blakangnya om?? karena ngunci bannya jadi semakin kuat… apalagi kalo pake ban mrf, tambah goyang dombret dunk…

trus untuk proses sambungan dengan las, pastinya si platnya akan tidak sekuat pabrikan juga… ada kemungkinan patah pas hard break juga om ??

CMIIW

Red Bikerz - August 27, 2013

Nggak ada sliding, soalnya yang ini juga nggak ngunci2 amat.. harus ditekan kuat2 baru ngunci.. nah kalau masalah ban kurang tau ya, soalnya udah nggak oakai MRF lagi, sekarang pakai Corsa..

Untuk sambungan, kira2 kuat aja.. soalnya plat-nya double, dan di las listrik.. tapi ini juga lagi bikin ulang.. tuas rem aslinya Pulsar yang dipotong, mau saya panjangin.. soalnya lebih tebal..๐Ÿ™‚


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: