jump to navigation

Membuat velg ruji menjadi tubeless.. January 15, 2013

Posted by Red Bikerz in Bikes tips.
trackback

Uhhmm.. mulai dari mana ya? Lama nggak nulis blog, jadi agak kaku nih..

Ok lets start, Alieno Blu sudah saya modif, menggunakan velg jari-jari tubeless.. Velg ini saya beli dari anggota Prides, beruntung buat saya.. salain harga yang mursidah dan nggak afghan, velg ini sebelumnya memang dipakai di UG4, jadi nggak ada masalah dalam hal pemasangan velg di motor, bahkan speedometer dapat berjalan dengan lancarnya (biasanya masalah velg aftermarket utk Pulsar ada di Speedometer yang nggak jalan).

Sebenarnya sewaktu beli, velg ini sudah tubeless.. menggunakan lem aluminium merk Sikaflex.. tetapi, mungkin karena sudah lama, jadi kadang masih ada bocor halus disana-sini alias karet silikonnya sudah mulai kendor di dalam velg..

Ok, saya putuskan untuk menggerus semua sisa silikon sikaflex di dalam velg, dan menggantinya dengan ban dalam matic (Thx forum kaskus untuk tips n trik-nya).. langkah-langkahnya adalah..

(Cara sama untuk velg depan dan belakang)

1. Siapkan ban dalam matic, cutter dan lem castol secukupnya.. dan kalau bisa ratakan bagian dalam velg dari ruji-ruji biar rata..

image

2. Belah ban dalam matic pas di tengahnya (yang ada garis lipatan), belah pakai cutter menjadi sama lebar. Jangan takut ban dalam matic kurang lebar, velg belakang saya ukurannya 4.2 inch pakai ban dalam matic biasa, cukup aja tuh..
3. Jadikan ban dalam tersebut sebagai alas untuk velg, dan nantinya ban luar dan bibir velg yang akan menjepit ban dalam tersebut.. (Pasti Bingung kan? Saya juga bingung jelasinnya, liat gambar aja ya? ).

image

4. Taruh pentil di tempat yang semestinya.. (Di dalam lobang pentil)
5. Lapisi lem castol secukupnya antara velg dan ban dalam.. biar nanti nggak bergeser pas ban luar dipasang..

image

6. Pasang Ban secara manual, kalau pakai mesin juga bisa tapi agak susah..

image

7. Selesai untuk velg belakang, dan selanjutnya untuk velg depan kurang lebih sama..

image

Naah.. selesailah proses membuat velg ruji menjadi tubeless.. untuk reliability atau ketahanannya saya belum tau, kan harus dicoba touring dulu bro..? Heheehe tapi mending diliat review brader2 di kaskus deh, rata2 memang kuat kata mereka, bahkan ada brader penyemplak Tiger yang sampai sekarang udah pemakaian dua tahun sampai dibawa touring keliling pulau Jawa kuat aja tuh..

Semoga berguna..

Regards,

Aldi

Comments»

1. hendri - April 13, 2013

Keren mas artikelnya..hehehehee
Btw tu Helm merk snail ya?..Ɣªήğ kemaren dipinjem hengky wktu dy kehilangan helm…hehehee

Red Bikerz - July 14, 2013

Wakkaka… iyaaa bener, masih inget aja

2. Boydoangdeh - July 16, 2013

Mau tanya bikin velg jari2 jd tublesnya dibengkel mana? Tx

Red Bikerz - July 18, 2013

Di bengkel Mentaos Banjarbaru Kalsel bro.. tapi bengkel2 biasa juga bisa, asal disediakan bahan-bahannya

3. haryudh4 - July 31, 2013

kalo velg 2.50 dikasih ban dalam matik standar, bisa juga dong? Coz nyari ban dalam matik lebar rada susah…

Red Bikerz - August 22, 2013

Bisa banget bro.. punya saya aja 4.25 inch pakai ban dalam matic yg standar.. kemarin temen saya ada juga pakai buat velg 5 inch.. ban dalam matic standar juga.. pas aja🙂

haryudh4 - August 22, 2013

Okesip, makasih infonya🙂

Red Bikerz - August 22, 2013

Ok sama2 masbro..🙂

4. bandits - August 11, 2013

Mas bisa rinciin lem merk apa harga berapa? Kalo bisa pics lemnya he.thanks.

Red Bikerz - August 22, 2013

Lem castol.. mmm.. aduh gak punya pict-nya saya.. googling aja bro.. lem castol, harganya brp ya? Dibawah 10rb deh.. hehehe

5. indra - December 3, 2013

cara ngakalin speedonya gmana gan???

Red Bikerz - April 27, 2014

pakai besi untuk mendorong sensornya.. doh susah jelasinnya, hehehe.. kapan2 saya poto ya..

6. tomy - December 31, 2013

Mas bro kalo pulsar 180 ane mau saya ganti ama velg jari2…tromol nya make tromol motor apa ya??sama velg nya..

7. sahrul - February 16, 2014

tapi keliatan tu ban dalem meticnya

8. Indra - December 18, 2014

Bro, gimana kondisi ban belakang setelah satu tahun. Mohon share hasil pemakaian nya. thanks

Red Bikerz - March 13, 2015

udah 2 tahun.. amaan

9. pyter - February 14, 2015

Mas itu velg apa ya.? Kalau d velg did ukuran 1.80 & 215 bisa gk ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: