jump to navigation

Kesadaran berlalu lintas di Banjarbaru, Banjarmasin dan Martapura Kalimantan selatan. July 4, 2011

Posted by Red Bikerz in keselamatan berkendaraan.
trackback

cakep tapi bego

Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura adalah tiga kota yang berdekatan di kalimantan selatan. berjarak sekitar 30km atau 45 menit perjalanan (Banjarmasin-Banjarbaru/Martapura), dihubungkan oleh Jalan A.Yani dari Kilometer 1 di Banjarmasin sampai Km 34.

Pendatang baru di ketiga kota ini pasti kaget dengan lalu lintasnya, semrawut.. banyak alay kebut-kebutan, pengendara sms-an.. kacau banget. Memang lalu lintasnya tidak sepadat kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, tapi bahayanya lebih besar disini. Karena orang belok tiba-tiba, orang nyalip trus tiba-tiba memotong jalan, orang keluar dari gang tanpa liat kanan-kiri, belok mendadak tanpa lampu sein sangat sering dijumpai di ketiga kota ini. Makanya pengguna jalan harus ekstra hati-hati, harus sering antisipasi gelagat rider/driver di depan, samping dan belakang, karena resiko kecelakaan sangat besar.

Sekitar 5-8 tahun yang lalu, lewat jalan A.Yani masih sepi.. dijamin bisa gaspol dan menikmati perjalanan sambil melihat pemandangan hutan-hutan rawa di sepanjang A Yani. kalau sekarang? jalanan padat merayap apalagi di hari minggu, bisa lebih ramai dari hari biasa.

Mungkin tingkat kecepatan pertumbuhan kendaraan bermotor yang luar biasa, sudah tidak bisa diikuti lagi oleh pertumbuhan kesadaran tentang keselamatan berkendara. Mudahnya orang untuk mendapatkan sepeda motor melalui berbagai skema kredit menjadikan makin bertambahnya rider-rider yang tidak berpengalaman dan berbahaya bagi orang lain.

Pernah mendengar kalimat seperti ini, “kemajuan peradaban suatu bangsa dapat dilihat dari lalu lintasnya”. Hmm.. mudah-mudahan makin lama orang-orang makin sadar tentang kesadaran berlalu lintas dan semakin bisa menghargai nyawa, karena Lalulintas adalah pembunuh no.1 di dunia, bukan drugs dan juga bukan penyakit.

regards,  

Comments»

1. adventura prides - July 11, 2011

jakarta juga gitu kok… heheheheheh

iji copas ya..

Red Bikerz - July 11, 2011

Jakarta biarpun banyak pengendara motornya, tapi lumayan teratur gan.. lain kyk disini.. tapi denger2 Bandung lebih parah..

Red Bikerz - July 11, 2011

silahkan gan..🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: