jump to navigation

my Pulsar 180 UG4 ‘Alieno Blu’ setelah pemakaian 6,790 km June 28, 2011

Posted by Red Bikerz in Bikes bikes bikes.
trackback

Me and alieno blu at Binuang Kalimantan Selatan

Nggak kerasa sudah 5 bulan umur Pulsar UG4 ane, biarpun untuk mileage-nya termasuk “sedikit” yaitu 6,790km, dan touring paling jauh cuma 400-an km PP (Banjarbaru-Pagatan-Banjarbaru), tapi menurut ane cukuplah untuk kasih review kecil-kecilan tentang Bajaj Pulsar UG4 ini. ok here we goes..

Fuel Consumption

1 liter bensin rata-rata bisa melahap 50-60km tergantung cara membawa motor, tapi berhubung ane cuma ngebut kalau “terpaksa” jadi lumayan irit ke bensin. Untuk sehari-hari, biasanya isi full tank Rp55rb-60rb bisa sekitar 3 minggu dengan pemakaian di dalam kota dan keluar kota cuma pada akhir pekan.

Handling & Riding

Untuk Handling, pada awalnya susah karena belum terbiasa pakai setang jepit yang agak menunduk ditambah bobot UG4 yang lumayan berat, jadi agak pegal di bahu dan tangan. Tapi sejak memakai raiser + setang UG3, masalah handling sudah teratasi.

Keuntungan dari bobot UG4 yang berat ini adalah sewaktu jalan jauh, motor jadi stabil dan tidak melayang jika kebetulan kena angin dari kendaraan yang berlawanan.

Setelah sekitar 2 minggu pakai UG4, akhirnya paham dengan karakter mesin UG4. berbeda dengan Honda Tiger yang putaran bawahnya besar, Pulsar kebalikannya.. Putaran atas yang besar. Jadi untuk mendapatkan tenaga yang maksimal usahakan mengganti gigi pada saat RPM minimal 7000RPM.

Pulsar 180 UG4 ini menurut ane kurang begitu cocok untuk naik gunung yang jalannya rusak, apalagi boncengan.. soalnya bakalan sering ganti-ganti gigi, dan mungkin karena shockbreaker yang empuk, jadi sering mentok kalau kena lobang agak dalam.

Shockbreaker depan besar, dan Shock belakang pakai nitrogen (katanya :p) keduanya empuk banget, jadi enak kalau dibawa jalan jauh, rider nggak terlalu capek.

Masalah umum pada Pulsar 180 yaitu susah netral akhirnya menghampiri juga, tapi sudah tahu cara mengatasinya yaitu sebelum motor berhenti waktu mesin masih berputar, cepat-cepat di netralkan, atau jika sudah terlanjur berhenti  sambil menarik kopling, gas kemudian netralkan.

Menurut teman-teman dari Pulsar Riders South Borneo (PRISON) ada beberapa merk oli yang bisa menghilangkan masalah susah netral ini, tapi ane lupa catat merk-merk oli-nya :p

Untuk perangkat Rem, P180 UG4 ini mantap banget, biarpun rem belakang masih tromol, tetapi sangat pakem dan bisa diandalkan. dan untuk rem depan, gampang banget untuk stoppie memakai rem ini, asalkan rem depan tidak terlalu panas, tarik sedikit aja.. ban belakang udah ngangkat deh😀

Ban yang sudah ukuran 17 dan lebar, bener-bener mengangkat tampilan nih motor.. Dan untuk melahap tikungan-tikungan juga nggak ragu-ragu langsung libass.. Ban standar Pulsar MRF juga lumayan menggigit kalau dipakai jalan.

Biarpun sudah 5 bulan, suara mesin masih seperti waktu pertama beli, halus.. bahkan lebih halus dari pertama beli dulu.. rantai juga kuat, jarang stel rantai karena tekanan rantai lama berubahnya.

SpareParts

Naah ini dia yang paling penting, bulan lalu aki ngadat! nggak bisa distarter, didorong juga susah nyala-nya.. nggak ada kick-starter😦 mana bobotnya berat banget! untung ada jalan turunan, jadi bisa nyala akhirnya.

perkiraan pertama : air aki kurang, jadi sampai rumah air aki diisi sampai penuh.. dan bisa distarter normal. tetapi masalah muncul lagi setelah beberapa hari, karena masih ada garansi kelistrikan 6bulan dari Bajaj. Aki pun diganti, dan normal sampai sekarang, mudah-mudahan nggak ada masalah lagi.

Entah karena setang yang sudah diganti dan memakai raiser, 1 minggu yang lalu kabel kopling putus.. untung putusnya bertahap, jadi sudah sedia kabel kopling yang baru (beli di beres Rp30rb-an), pasanganya gampang banget, cuma 5 menit udah bisa jalan lagi. Sebenarnya bisa cuma mengganti kabel kopling aja, memakai kabel koplingnya vespa, tapi ane putuskan untuk mengganti semuanya, biar nggak ragu-ragu lagi.

Penutup

Mungkin inilah motor yang secara Price to Value terbesar di Indonesia, wajar jika brand Pulsar cepat mendapat tempat di Indonesia, karena kualitas yang dapat diandalkan dan tidak kalah dengan produk-produk yang sudah ada, bahkan dengan harga yang jauh lebih murah, ane sebagai konsumen merasa puas.

Jika mungkin brand ini mempunyai kelemahan di jaringan 3S, cuma perlu waktu untuk memperbaiki-nya.

regards,

Comments»

1. haicy - June 28, 2011

beruntung banget bro, rante situ bagus..punyaQ KM 2000 udah bermasalah, coba kalo tau itu ciri rante yang ‘dor-ceng’, pasti aq minta ganti dari awal beli

btw pulsar situ di RPM 5.500 – 6.000 bunyinya kasar g mas bro?

2. Red Bikerz - June 28, 2011

salam kenal bro.. rantai bermasalahnya gmn tu bro? apa gir cepat habis?

untuk diatas 5000Rpm nggak kasar bro.. tapi itu relatif sih, ane dulu pakai motor yg suara mesinnya jauh lebih kasar, jadi waktu pakai pulsar serasa halus terus hehehe

3. haicy - June 29, 2011

emmm..jadi ada beberapa mata rantai yang kaku gitu..alias gak fleksibel, jadi otomatis ketika gerak jadi dorceng

wah beruntung y gak kasar, memang harusnya mesin pulsar seperti itu ..hehe

Red Bikerz - June 29, 2011

ooo.. coba baca2 di prides online bro.. coz ane jg pengguna newbie hehehe.. mungkin ada yg masalahnya sama

4. jaka kurniawan - July 8, 2011

hehehe… 5 bulan 6700km an.. kyaknya ane lbh parah lg kyaknya.. pies ane ajah 2 bulan ud 5700km an..

Red Bikerz - July 9, 2011

walaah.. pasti jagoan touring niih.. xixixi

Jack - March 1, 2012

gue 2 bulan 8700km an, hehehe

Red Bikerz - May 19, 2012

wakakak mantaap…

5. jaka kurniawan - July 8, 2011

hati2 bro MRF ga menggigit aspal kl aslpal agak wet antara kering dan basah..

Red Bikerz - July 9, 2011

iya bro.. kmrn hampir kepeleset.. hikz..

ahmad junaidi - November 21, 2011

halo bro pulsarian…..biar ban awet ganti angin pake nitrox…tekanannya juga sesuai petunjuk

Red Bikerz - May 19, 2012

halloo broo.. ok ntar dicoba yaa…

6. haryanto - January 29, 2012

pulsar ane distarter ga bisa, kayak aki ga kuat,,,kucoba beli aki baru 250rb ehhhh sama aja,,cuman bunyi kretekkkk kretekk.. aki baru dipasang kok malah jadi puanass bgt akinya knapa yaa.. didirong susahnya minta ampun kick startert ga ada, sampai skr sy nulis masih nongkrong tuh di rumahh males bawanya ke bengkelll. pulsar 200 thn 2008 broo siapa tau ada yang minat monggoo di bayarrlahh..keadaan normal smuaaa cuman itu tadii starterrrrr ngadattt

Red Bikerz - May 19, 2012

berdasarkan pengalaman pakai tiger duluuu… itu mungkin gara2 dinamo starternya bro, udah cek di beres belum bro.. turut berduka cita ya bro.. semoga Pulsarna lekas sembuh.. salam..

gembrong - June 27, 2013

iya pulsar gw juga UG4 180 CC starternya srg ngadat. Sial bgt emang. Itu knp sih? Nyesel jg beli motor g ga ada kickstarternya.

7. nanang - February 8, 2012

Salam kenal bro, PIBO emang mantaf. Saya pake ni motor buat ngelibas medan extrim kira 130 KM ( tanjakan, tikungan tajam plus batu2 aspal yg lepas). Nih dilewatin senin subuh, trus kamis sore buat pulang kerumah. Tiap minggu udah 5 bulan tapi masih mantaf ni motor.

Red Bikerz - May 19, 2012

salam kenal bro Nanang.. waduh 130km??? gilaaa… gak nyesel kan bro, pakai pulsarr? *toss duluuu

8. rusmanto - February 10, 2012

ane 11 bulan 19.750 km, mantap sih cuma blm pake raiser aja jadi agak pegel kalo kena macet di jakarta

Red Bikerz - May 19, 2012

waduhh… recomended pakai raiser deh bro.. anti pegel dan bisa riding sambil menikmati perjalanan hehehe

Yogi Cahyana - September 12, 2012

ane baru 7 bulan baru 5.350km bro,… motornya sih mantap tap orangnya nih blum mantap,, hehe || ane mau nanya gan klu pake oil breather ngaruh g ya sm mesin, pengen pasang cuman ragu2

9. fadil - June 28, 2012

wah itu tali kopling putus berapalaam setelah pakai raise bro ? serem juga ya hehe

10. sholeh - January 25, 2013

ane bru beli gan…mantapppp..moge low price

11. Blue wolf - February 14, 2013

iya bro semenjak gk pake oli pabrikan jadi sulit netral padahal tdny gampang bahkan tanjakan securam apapun gigi 5 tetep kuat meraih speed 65kpj-72kpj

12. iskandar - January 15, 2015

salam kenal bro, aku di solo pibo ku 3 tahun baru ngelahap 14.325 km bro, motornya mantaff masih kaya baru, tiap hari di selimutin kaya’ perawan. ni lagi nunggu kiriman riser dari akang dadang di subang

Red Bikerz - March 19, 2015

salam kenal bro.. salam juga buat Kang Dadang Widhaswara


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: