jump to navigation

Do It Yourself : mengganti oli Bajaj Pulsar 180 UG4 February 25, 2011

Posted by Red Bikerz in Bikes tips.
trackback

Trik sederhana ini, mungkin berguna buat agan-agan yang ingin mengganti oli sendiri, tanpa ke bengkel.. ikuti aja langkah-langkah mudah ini.

1. Buka baut Penutup oli bawah
Pertama kali memang agak bingung mencari baut penguras oli ini, soalnya ukurannya hampir sama.. Ok buka baut yang sebelah kanan (warna agak kehitaman dan ukuran sedikit lebih besar)

Baut yang harus dibuka..

Yang sebelah kiri kunci bawaan dari pabrik

2. Biarkan oli keluar
Setelah baut dibuka, Oli akan keluar.. biarkan selama kurang lebih 3-5 menit agar oli keluar semua, jika perlu goyangkan motor kekanan dan kekiri untuk memastikan oli mengalir kebawah..

Oli bekas mengalir keluar semua

NB. taruh baskom/ember/wadah untuk menampung oli bekas yang akan keluar dari mesin.

3. Tutup kembali baut oli
pastikan baut yang ditutup tersebut, tertutup dengan rapat.. biar oli yang baru nanti nggak merembes keluar.. :)

Oli sudah habis, tutup kembali

4. isi Oli yang baru
Buka tutup oli di bagian mesin kanan atas, nggak perlu pakai tools.. cukup pakai jari saja.

buka penutup oli atas

Oli yang dipakai..

5. selesai
Setelah oli yang baru masuk semua, tutup kembali penutup oli atas.. yapp selesailah step-step penggantian oli Pulsar..

Oli di batas atas dan bawah..

NB. untuk mengecek jumlah oli di mesin, bisa dilakukan dengan mengintip di jendela oli di bagian mesin kanan paling bawah.. usahakan tingginya berada di tengah-tengah batas atas dan bawah..

semoga berguna ya..

About these ads

Comments»

1. setia1heri - March 13, 2011

nasi inpoh bro..ni yang ane cari..bingung mo ganti oli sendiri

Red Bikerz - April 13, 2011

sama2 ya gan.. agan pake Pulsar juga?

2. emad - March 24, 2011

olinya berapa liter bro??

Red Bikerz - April 13, 2011

oli 1 liter bro..

3. danis - June 3, 2011

nanya bro…tutup oli pulsar 135 ane kalo di tutup bisa muter terus gak ada polnya alias rusak…kalo ganti cocoknya pake tutup oli motor apa ya…soalnya aku nanya di dealer gak ada,,,thanks bantuannya…

Red Bikerz - June 27, 2011

waduh, ane blm tau bro.. itu yg rusak tutupnya apa drat di bawah ya?

4. antobajaj180 - July 30, 2011

makasih infonya. Tapi koq setelah dpake perjalanan jauh olienya jd kurang(dbwh btas normal).
Sbnrnya ane hnya nyari informasi kapasitas olie mesin bajaj, karena mau ganti sndri

Red Bikerz - August 9, 2011

iya bro.. punya ane jg gitu oli jadi berkurang, tapi habis di cek di prides online, kata mereka itu wajar

5. Rendi - November 20, 2011

oli valvoline emang cepat nguap, wajar karena iklim kita beda dgn india. So, periksa jendela oli tiap minggu, jgn sampe dibawah batas, bisa berabe urusannya. pake merek lain aja yg penting sae nya sama, atau bs jg yg lebih kental utk touring. . . cmiiw.

6. Blue wolf - February 1, 2013

sebenarnya tidak apa2 volume oli berkrang asal tdk boleh kurang dr 800ml tapi jg tidak boleh lebih dari 1000ml.Kenapa? pada saat mesin panas tekanan oli SAE 50 naik 2x lipat menyebabkan mesin menjadi mengalami kebocoran akibat tekanan oli yg tinggi. Yg penting 1000ml pas pengisian awal klo berkurang dikit demi sedikit ya ditambah aja pada pagi hari kan di bengkel ada oli tambahan merk stp atau lainnya yg isi nya 20ml

7. ddy - April 30, 2013

thank you bro.akhirnye setelah byk bengkel resmi pulsar tutup hrs bisa sendiri skrg, ilmu utk jaga jag

Red Bikerz - July 14, 2013

Iya akhirnya harus kita sendiri yang handle motor kita.. :(

8. joni - May 26, 2013

wah,ane jg pernah ngalamin,tutup oli muter terus ga bisa kenceng,padahal udah 2x ganti tutup oli tapi tetap aja sama. Tapi yg ke 3 kali,kebetulan bget,paz ganti paz cucok,bisa di tutup lg dgn keras. Dlu sih ane pake solatip buat keran air biar tutupnya kenceng.

9. ariEz - November 5, 2013

Maaf gan kunci no brp yg dipake utk buka baut pembuangan oli?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: