jump to navigation

Keajaiban proses Polishing dan Detailing mobil dan motor November 21, 2010

Posted by Red Bikerz in tips & trick.
trackback

Dulu untuk merawat mobil dan motor hanya dengan dicuci sampai bersih dan dikasih shampoo udah beres.. tapi lama-kelamaan, cat di kendaraan akan kusam dan redup, tidak mengkilat seperti baru.. :( jadi males banget liatnya, dan solusi untuki masalah ini adalah dicat ulang, ataupun di lembiru alias lempar beli baru bro huehehe..

before and after detailing

Sekarang berkat teknologi bahan kimia yang makin canggih, mobil tua yang catnya sudah redup dan kusam-pun dapat dibuat seperti baru, teknik ini diluar negeri disebut detailing, tetapi kalau ditanah air disebut poles mobil (kok kesannya nggak keren ya ‘poles’? ok kita sebut detailing aja :p), ada beberapa tahap dalam proses detailing, tahap-tahap tersebut ada di gambar dibawah ini.

Langkah-langkah detailing

untuk tahap pertama yaitu Wash, ya kayak cuci biasa pake air (ya iyalah!) trus pake shampoo, bedanya pakai shampoo yang khusus, jangan salah pilih, soalnya ada beberapa shampoo yang ada sekarang malahan bikin cat makin lama makin kusam.

Sedangkan tahap kedua, yaitu Clean / Preparation. Ini gunanya untuk menghilangkan baret-baret halus pada cat, dan baret-baret inipun kita harus menggunakan produk yang tepat tergantung tipe baretnya, soalnya ada beberapa baret yang parah sehingga memerlukan penangan an dan produk khusus! Setelah baret-baret tersebut bisa diatasi, dan permukaan cat sudah licin dan mulus.. barulah beralih ke tahap ketiga.

Tahap ketiga adalah Polish, tetapi langkah ini sebagai langkah tambahan aja alias bisa dipakai bisa tidak tergantung selera, direkomendasikan untuk cat-cat yang berwarna gelap, agar nantinya setelah diwax menjadi lebih mengkilat.

Tahap keempat yaitu Wax / protection. Inilah langkah terpenting pada proses detailing, proses ini berfungsi untuk melindungi dan menambah kilap pada permukaan cat, Melindungi dalam arti memberi lapisan yg melindungi clear coat dari sinar UV dan panas matahari, dan memberi lapisan agar air dan kontaminan lainnya tidak mudah mengendap ke dalam ClearCoat.

dan Tahap terakhir adalah Maintain / Perawatan yang rutin dalam menghilangkan kontaminasi di atas permukaan seperti kotoran burung atau getah pohon atau air hujan (apa lg hujan di Indonesia yang banyak asamnya). Ini adalah perawatan setiap minggu, jadi ya sama kayak cuci biasa tidak perlu proses detailing lengkap..

Bahan-bahan untuk detailing biasanya masih jarang ada di toko pada umumnya, kalau di kota-kota besar umumnya bahan-bahan untuk detailing ada di Ace Hardware, soalnya rata-rata produk import, merknya tergantung selera ada TurtleWax, 3M, Meguiar’s dan lain lain, karena jenisnya beragam jadi ada baiknya jika berkonsultasi dulu dengan pegawainya Ace dulu sebelum membeli. Tetapi di FJB kaskus juga ada yang buka lapak produk-produk detailing.

interior detailing before and after

mau tau hasil proses detailing? bisa diliat di video ini, ada 4 bagian video, dimana Mazda 300ZX tua tahun 1988 yang udah tua dan kusam, dengan proses detailing.. langsung mengkilat seperti baru lagi baik interior exterior bahkan tampilan mesinnya.

ini before detailing

ini after detailing

Semoga berguna ya bro…

About these ads

Comments»

1. agogo - November 22, 2010

hehehe, mulai kena racun detailing yo mbix???

Red Bikerz - November 22, 2010

hehehe.. belajar lek perlu ae, berhubung perlu gawe cronnie, yo terpaksa googling-googling


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: